Benjamin Kembong Lisulembang
Adalah aluk penebusan atau pembayaran untuk menghapuskan status kaunan pada sesorang.
Jadi orang yang tadinya kaunan dan ingin memulihkan statusnya atau terlepas dari status kaunan ba'tu anak, maka harus menyerahkan semua bentuk hewan, barang dan lain2 dengan jumlah seratus setiap benda. contoh 100 Sendo', saratu' balao, saratu' Tedong dan sebagainya. inilah Peruntukan aluk sanda 100.RaRa BuKu
Berarti yatu Aluk Sanda Saratu' : pemujaan lako ri To Lino undaka' "Status Puang" mui raka nah scr status sosial lanni status kaunan, asslan bisa "nah alli / nah bayak" tu "sima status Puang"..? Susi too tu kesan kuappa umbasai te' postingan mi doo kk BKL.
Atau kada senga'na kumua : tangngia iya napa lulalo "Puang Matua tu pang-Aluk-anna", tapi dipalulako bangri Puang Lino...umbaraka susi tu pas na tee...tabe' kk pakanassa pi...salama'..bongi melo.
Rana Dase
Yamo misa' buttinna too kumua yatu Aluk Sanda Saratu', tangngia iyanna Aluk-na Totumapata'.
Yamoto anna tallan kalena mo male naabaa wai salu sa'dan. Ka-Puang-an bisa dialli...bisa dila'bak...??? Ohhh..bende'ki'..!!! Hmmm..laku kukua totemo, kumua : yatu Tamboro Langi'...to rampo ri ma'pasalai..umpessepang Alukta, Aluk Toraya...lan Aluk Sanda Pitunna.
To Lino mo dipopendolo2 ladi penombai saba' dkuaka "Puang Dialli" mo toda', anna yatu Puang Matua dipajo bangmo to' tituk rinding saba' yatu Aluk Sanda Saratu tangngia iyanna Alukna Puang Totumampata', Aluk na garaga2i kelana iya sia Tamboro Langi' too...???
Felix Maya
Aluk sanda saratu' atau aluk sanda karua tetap juga mengenal istilah kaunan .. aluk sanda saratu' membagi masyarakat dlm tiga tingkatan sosial PUANG . TO MAKAKA & KAUNAN .. tdk ada yg bsa naik tingkat, dari kaunan ke Puang .. yg bsa mengenal naik tingkat itu cuma aluk sanda pitunna itupun dlm melaksanakan upacara ada' rambu solo' .. dpt melaksanakan upacara dgn jumlah tedong sma dgn tingkatan di atasnya, tetapi bukan jenis tedong yg sama dgn tingkatan di atasnya ..
Benjamin Kembong Lisulembang
Aluk sanda saratu' bukan untuk menjadikan kaunan puang tapi untuk membebaskan statusnya dari kaunan menjadi bukan kaunan.
Saya setuju dengan pendapat Pak BenyaminKL. Di daerah saya dulunya pernah ada kaunan yang memperoleh kembali jatidirinya setelah melakukan aluk sanda saratu, dan diakui dan sesuai dengan kearifan lokal daerah tersebuat. Dia yang tadinya tidak berkuasa atas dirinya, mempeoleh kembali haknya untuk menentukan nasip sendiri alias merdeka.
ReplyDeleteTabe' den mo raka te mai nenek todolo (kaunan) tu bisa pogaui te aluk sanda saratu'..!!
ReplyDelete